PENEMUAN FOSIL DADU TERTUA DI DUNIA

Rabu, 31 Juli 2013
Dadu merupakan yaitu kubus yang keenam sisinya di beri tanda berupa tiitk mulai dari satu hingga enam titik. Kalau diperhatikan, titik - titik di dua bidang yang berhadapan selalu berjumlah 7. Misalnya titik 1 berpasangan dengan titik 6, titik tiga berpasangan dengan titik 4, dan tiitk 2 berpasangan dengan titik 5. Itulah dadu yang menyimpan hukum probabilitas matematika.
Tim Arkeolog berhasil menemukan permainan dadu tertua di dunia berusia 5000 thn di   wilayah Burnt  City,  Iran. Menurut mereka, temuan baru tersebut sekaligus telah memecahkan rekor temuan permainan dadu tertua sebelumnya yang berhasil ditemukan di Wilayah Guangdong, China (2004).

Pada penggalian sebelumnya di reruntuhan peradaban Mesopotamia, permainan dadu juga sempat ditemukan, namun usianya jauh lebih muda 200 thn dari yang ini. Selain itu, sebuah kotak persegi panjang yang terbuat dari semacam kayu pirus ditemukan bersamaan dengan penemuan permainan dadu tersebut. 
Namun sayang, kotak yang disinyalir merupakan papan permainannya itu telah hancur terkikis, namun masih bisa sedikit diidentifikasi. Kira-kira terdapat 20 lubang kecil berjejer pada kotak tsb dengan hiasan ukiran ular ditiap sudutnya. 
Dari penemuan ini, Para Arkeolog dapat menarik kesimpulan, mungkin permainan dadu memang berasal dari daerah Mesopotamia, yang kemudian tersebar ke wilayah timur, terutama ke China dan Jepang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa untuk memberikan komentarnya Disini...