MISTERI LAGU BOHEMIAN RHAPSODY - QUEEN

Bohemian Rhapsody adalah lagu dari salah satu band legendaris dunia QUEEN. Lagu ini adalah hasil karya dari Freddie MercuryLagu ini dibuat pada tahun 1975 dalam album Queen "A Night At The Opera". Lagu ini di tulis sendiri olej Freddie di rumahnya Holland Road, Kensington, London barat. 

Lagu ini ternyata memiliki sisi gelap dan menyeramkan mulai dari nada lagu, teknik hingga lirik-lirik dalam lagu ini. 

Lagu ini menyimpan berbagai unsur aneh dalam komposisi lagunya, karena susunan lagu ini terdiri dari Intro, Ballad, Gitar solo, Opera, Hard Rock, dan Outro. Tetapi lagu ini juga tidak memiliki Chorus seperti lagu-lagu Queen lainnya.
 
Bahkan jika dilihat dari nada lagunya , perubahan dari intro dan ballad adalah lagu yang bertemakan kesedihan yang kemudian berubah menjadi gitar solo yang menyayat, kemudian pindah ke opera, pada saat quatro nada lagu kembali rendah. Jika digambarkan lagu ini berubah-ubah dari lagu sedih menjadi lagu yang menggambarkan kesenangan dalam sekejap saja.

Hal menarik lainnya adalah lirik lagu yang misterius. Kata pembuka dari lagu ini adalah "open your eyes, look up to the skies and see"  kemudian  kata "i'm just a poor boy"  perbedaan lirik  atau tema dari lagu sangat berubah pada lirik ini. Sangat banyak pemahaman yang bisa kita tangkap dari lirik ini, yang mungkin setiap orang akan memiliki pemahaman yang berbeda-beda.

Kemudian lirik ini yang juga aneh, menggambarkan seorang pria telah mati atau menggambarkan dirinya yang seolah-olah telah mati????:
"Mama i've just killed a man
Put a gun against his head
Pulled my trigger, now he's dead
Mama, life has just begun
But now I've gone and thrown it all away
Mama, uuuuu....
Didn't mean to make you cry
If I'm not back again this time tomorrow
Carry on, carry on as if nothing really matters "
Kemudian bagian  lirik "I see a silhouetto of a man" yang seolah-olah siluet itu adalah bayangan setan atau penjelmaan setan, entah itu silhouett dirinya atau silhouett dari orang lain. Namun hal ini terjawab saat lirik "scaramouch, scara mouch will you do the fandango"

Scaramouch artinya pemusik yang tampak seperti badut yang mengenakan topeng, dan Fandango dalam bahasa spanyol artinya tarian. Bila diartikan maka "scaramouch, scara mouch will you do the fandango" artinya adalah gambaran dari dirinya yang bertingkah seperti setan, karena seperti yang kita ketahui adalah Freddie adalah pecandu, pemabuk dan homoseksual. Bahkan ia meninggal karena AIDS.

Kemudian pada lirik  "Thunderbolt and lightning very. very frightening me" yang artinya Guntur dan petir itu menakutkannya, mungkin dia takut akan sesuatu hal buruk akan menimpanya karena pola hidupnya yang menyimpang dari ajaran agama.

Lanjut ke lirik "Galileo, galileo, galileo figaro, magnifico". Lirik ini sangat membingungkan karena Galileo adalah nama seorang penemu dan Magnifico itu adalah magnet.

Kemudian bagian yang paling fenomenal adalah "Bismillah" dan "Beelzebub"  yaitu nama dari tujuh pangeran/ putri iblis neraka. Keanehannya adalah di satu sisi ia menyebut nama Allah dan disisi lain ia memanggil nama setan (Beelzebub). Mungkin ada yang mau menambahkan ???


Related Posts

MISTERI LAGU BOHEMIAN RHAPSODY - QUEEN
4/ 5
Oleh

Jangan lupa untuk memberikan komentarnya Disini...