The Dead Waterfall

Image :Joel Torsson (Leojth)

Döda Fallet atau The dead waterfall  terleteak Swedia merupakan air terjun merupakan air terjun mati.

sebuah kejadian telah mengubah air terjun Storforsen di danau Ragunda menjadi kering. Air terjun yang menghubungkan Danau Ragunda dengan Sungai Indalsalven dibawahnya mengering pada tahun 1796 dengan waktu hanya satu malam.

Sebuah perusahaan Grand Rapids menyewa kontraktor lokal bernama Magnus Huss, yang kemudian disebut Crazy Huss, untuk membuat Sungai Indalsaven dapat dilalui kayu yang mengapung sebagai sarana transportasi.

Magnus Huss atau yang dikenal dengan nama Vildhussen (the Wild Huss) memutuskan untuk membuat dam penahan Danau Ragunda di sisi barat dataran kerikil di sebelah air terjun dan membiarkan air yang mengalir membuat jalan menuju air terjun Storforsen. Sayangnya, Huss tidak memperkirakan limpahan air dari gunung di sekelilingnya. Pada malam 6 Juni 1796, permukaan air meningkat dan menembus dam, mengakibatkan terkurasnya air danau Ragunda dan membanjiri hutan.

Sekarang Doda Fallet banyak dikunjungi wisatawan. Setiap tahun banyak orang yang berkunjung ingin tehu kejadian pada tahun 1796 silam. Magnus Huss hingga sekarang dikenang dengan dibuatnya patung dirinya di kota Hammarstrand.

Döda Falletditetapkan menjadi Natural Wonders of The World.

Related Posts

The Dead Waterfall
4/ 5
Oleh

Jangan lupa untuk memberikan komentarnya Disini...